Pristama’s Blog

Just another WordPress.com weblog

Bukan Sekedar Perjalanan Lahir Semata

Awal bulan yg lalu kami (saya dan teman-teman) melakukan perjalanan ke sebuah kota dimana jam Gadang  berdiri di kota itu (icon terkenal dan di banggakan oleh warga setempat meski belum bisa disamakan dengan Big Ben yang orang England punya, tapi setidaknya warga setempat mempunyai usaha untuk memelihara keberadaannya karena kitalah yang wajib menjunjung nilai-nilai sejarah yang dalam bahasa jawa “nguri-uri kabudayan negeri”).

Tiba di kota Bukittinggi sekitar pukul 09.oo (+/-), karena kami berangkat dari kota Pempek pukul 11.00 am (+/-) dengan public transport berupa Bus Y yang kebetulan hari itu adalah hari besar dimana semua masyarakat sedang mengadakan Pesta D*******i.

Gambar  jam Gadang ini diambil dari dalam kendaraan yang sedang berjalan lantaran kami harus segera beranjak dari tempat itu karena waktu menunjukkan hampir pukul 12.00 kurang lebihnya dimana hari itu adalah hari Jumat sehingga ada beberapa teman yang harus segera menunaikan kewajibannya.

Big Ben nya orang Bukittinggi

Big Ben nya orang Bukittinggi

Bukittinggi sebuah kota yang sesuai antara nama dan kondisi geografis daerah tersebut. Apa yang bisa di share pada kesempatan kali ini? Banyak (untuk ukuran saya, karena perbedaan sudut pandang akan memberikan penilaian lain pada tulisan ini ). Mengapa? Karena perjalan ini bisa saya katakan sebagai perjalanan “meaningfull

..bersambung

April 30, 2009 Posted by | APRIL 2009 | Leave a comment

5 (Lima) Udang Asam Manis

Ide buat udang asam manis muncul pas di kantor, inget udangku di kulkas..:)

jadi, rencananya mau buat udang asam manis setelah pulang kantor.

tiba di kost siap2 masak, ambil udang di kulkas..halah..ternyata tinggal 5 (lima) ekor..masih untung bukan benar-benar 5 “ekor”..:D..

tak apalah itu juga sudah nyummy kok buat isi perut sehabis fasting. Lalu siapin tepung sagunya, merica bubuk, garam, jeruk nipis,telur ayam, wortel, daun bawang, saus tomat, air secukupnya, gula pasir.

1. Udang dilumuri jeruk nipis+garam+merica bubuk, diamkan beberapa menit.

2. Siapkan tepung sagunya dan telur yg dikocok (bisa putihnya aja) tp kemarin sekalian kuning+putih dicampur karena sisa dari kocokan telur mau digoreng “orak-arik” buat campuran sayur “orak-arik” .

3. Ambil udang dari rendaman jeruk nipis dan bumbu lain ke telur kocokan, setelah itu masukkan ke tepung sagunya (bisa ditambahi merica/garam). Dan siap deh untuk digoreng.

Setelah itu bikin kuahnya:

bahannya saus tomat, wortel, daun bawang, bawang bombay, gula pasir, garam, maisena,air.

buat kuahnya gampang kok ga usah diajarin kan????….:)

dan kita lihat aja hasil akhirnya ya…

5 Udang Asam manis

5 Udang Asam manis

Resep terebut diatas sudah diuji coba di Dapur Anak Kost. Dijamin..ga bisa bagi-bagi soale cm 5 ekor.

April 27, 2009 Posted by | APRIL 2009 | 2 Comments

Menu IFTHOR

ditengah-tengah hari dengan suhu bumi Sriwijaya yang agak meningkat beberapa hari ini. Maka menu-menu  ifthor pun menyesuaikan (biasanya cm minuman aja yg bikin sumringah, seger). Buat jus pepaya ditambah perasan jeruk nipis ditambah madu ditambah air dingin (batu es) dikit aja (suka yg kental)..hemm segar.

“SELAMAT MENIKMATI”

Ini nih jadinya:

jus pepaya jeruk nipis

jus pepaya jeruk nipis

Menu tersebut di atas telah di uji coba di dapur kost.

April 24, 2009 Posted by | APRIL 2009 | Leave a comment

PENE oohhh..PENE

ini Pene yang ada di laci udah lumayan lama.
lalu pas tiba-tiba lapar tapi lagi ga pengin maem nasi lalu..buat lah aku si PENE ini kebetulan juga masih ada sauce spagettinya, bombay juga ada. Dan akhirnya, PENE tersaji :

pene enak

pene enak

pene-ku dari sisi lain:

pene in the kost

pene in the kost

menu anak kost2an kalo beras habis..:)
“SELAMAT MENIKMATI”

April 24, 2009 Posted by | JANUARI 2009 | Leave a comment

KUPAT TAHU SALAH ALAMAT

hari minggu seharian ga ke mana-mana..alhasil laper deh.
buka kulkas ada tauge, tahu..bikin apa ya??
hem bikin kupat tahu aja.
1. ga ada kupat diganti lontong bikin lontong dulu..
2. nunggu lontong jadi bersihin tauge sambil goreng tahu setengah matang
3. cuci daun seledri lalu iris halus
4. kupas bawang merah, iris dan goreng
5. ada kacang tanah dikit bisa digoreng
6. ga ada kerupuk adanya emping … jadilah buat kriuk2
lalu..lontongnya habis airnya..OOOOOOO….gosong..hihi akhirnya masak nasi ajah..
lalu..DENDONG!!!!…tahu kupat kan harus pake kuah kecap tapi ga ada kecap..mantap..jadi apa ni nantinya ??%*#@?!!
buka simpanan lagi eh..ada bumbu kacang (baca:pecel) phuiff..lumayan kreasi baru..:(
akhirnya…inilah bentuk dari “TAHU KUPAT yg SALAH ALAMAT”

kupat-tahu-tanpa-kupat-blog

untuk mengurangi kekecewaan dan untuk menyeimbangkan gizi maka buat ES AVOCADO, ga pake blender cuma di lembutin pake sendok aja..kan tadi rencananya ga masak jadi seadanya. selain itu kan hemat tuh…hemat apanya?? ya hemat listrik, waktu, tenaga, sabun cucinya, air pencucinya…wihihii..

dan all out semua siap makan nehhh…

apokat-tahu bumbu kacang

apokat-tahu bumbu kacang

alhamdulillah…selesai.
makanan siap santap, apapun namanya tetep rasanya nikmattttt kalau masakan sendiri…:)
“SELAMAT MAKAN”

April 21, 2009 Posted by | APRIL 2009 | Leave a comment

ketika HATI harus mengalah dengan KEADAAN

sudah berpikir beberapa hari untuk mengisi judul di atas..
tapi masih juga bingung mau nulis yang mana (tentang hati yang mana). karena ngomongin hati memang harus berhati-hati.

March 3, 2009 Posted by | MARET 2009 | Leave a comment

TRANCAM..(ini masakan keluarga)

apa itu TRANCAM, mari kita lihat :

terancam-puding strawberry-tempe

terancam-puding strawberry-tempe

masakan ini sangat mudah buatnya karena bisa petik dari kebun sendiri (untuk dedaunannya biasanya ditanam dirumah: daun kemangi, daun kenikir, daun mangga muda) tambahannya kacang panjang, tauge semua bahan mudah di dapat di pasar tradisional. Selain itu cara memasaknya pun mudah tinggal cuci dan iris-iris aja. Bumbu kelapanya seperti bumbu urap.

Bumbu halus untuk bumbu kelapa :

  • cabe rawit
  • bawang putih
  • kencur
  • daun jeruk purut
  • gula merah
  • terasi
  • garam

Campur bumbu halus dengan kelapaparut muda (untuk segarnya mentahan aja, tapi biar agak awet ga cepat basi bisa dikukus).

Mudah Khaaaan….:)

dan ini hasilnya “Trancam” nya:

trancam

trancam

puding strawberry

puding strawberry

Puding Strawberry.

Puding ini sama dengan Puding “Kost” Blackberry hanya topingnya aja aku buat macam-macam.

Puding satu resep bisa dibikin aneka macam rasa dan tampilan….;)

Dan….sekarang ini sajian lengkap dengan nasinya. Alhamdulillah ada mangkuk yang bisa buat cetak nasinya (dapet dari arisan kantor)….:)

trancam siap saji

trancam siap saji

Hmmm…bener2 serasa di rumah (tepatnya makan di tengah sawah pake piring daun).

Tapi kalau resep nenek biasanya beliau memberi tambahan ayam goreng suwir..

February 24, 2009 Posted by | FEBRUARI 2009 | | Leave a comment

Puding “KoST” Blueberry

ini puding yang dibuat di kost…:)

post foto aja dulu ya..cling:

..puding blueberry..nyummi..:P

..puding blueberry..nyummi..:P

February 24, 2009 Posted by | FEBRUARI 2009 | | 4 Comments

Dapur KOST

ada apa di dapur kost kali ini:

menu anak kost (kuahnya yang banyak)...hehe..

menu anak kost (kuahnya yang banyak)...hehe..

ini ayam sambalnya:

ayam bumbu merah

ayam bumbu merah

ini sayur beningnya:

sayur bening bayam-wortel-tauge

sayur bening bayam-wortel-tauge

February 24, 2009 Posted by | FEBRUARI 2009 | | 1 Comment

FaSiLitAs..mana yang Didahulukan Ketersediaan atau Keinginan Untuk Pemanfaatannya..:0ai

..FASILITAS..

defini (menurut wikipedia) adalah :

prasarana atau wahana untuk melakukan atau mempermudah sesuatu. Fasilitas bisa pula dianggap sebagai suatu alat. fasilitas biasanya dihubungkan dalam pemenuhan suatu prasarana umum yang terdapat dalam suatu perusahaan-perusahaan ataupun organisasi tertentu.

Many YEARS AGO..

Continue reading

February 19, 2009 Posted by | FEBRUARI 2009 | Leave a comment

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.